Senin, 16 April 2012

JUKLAK KEMAH TEMU G/T Se Sulteng Ke 3 Tahun 2012

A.        Pendahuluan
Gerakan Pramuka adalah salah satu wadah dalam pembentukan dan pembinaan moral bagi bakat generasi muda yang mempunyai tugas pokok dan peranan penting dalam mengembangkan bakat dan minat melalui proses pembentukan kepribadian sehingga terwujudnya insan yang kuat mental, tinggi moral, beriman dan bertakwa berlandaskan dan berdasarkan Pancasila yang didalamnya terkandung nilai-nilai luhur bagi para angotanya.
Kehidupan umat manusia sekarang ini secara faktual semakin hari semakin maju, ilmu dan teknologi mendorong pesatnya proses modernisasi tersebut. Modernisasi kehidupan yang dimaksud disamping membawa manfaat yang besar juga membawa dampak negatif yang tidak terpikirkan. Salah satu dampak negatif yang ditimbulkan oleh proses modernisasi adalah merosotnya akhlak dan melemahnya kesadaran hukum serta semakin mendangkalnya pengetahuan agama masyarakat. Akibat dari dampak negatif yang ditimbulkan oleh proses modernisasi hidup dan kehidupan masyarakat ini adalah keterpurukan masyarakat itu sendiri. Hal ini dimungkinkan karena tanpa kesadaran keagamaan yang ditopang oleh akhlak mulia maka rasa simpati, peduli, dan saling percaya diantara anggota masyarakat akan semakin menipis dan bahkan semakin kerdil. Semakin mewabahnya penyakit masyarakat yang khususnya melanda anak bangsa.  Hal ini menjadi kerangka acuan Kemah temu Penggalang Penegak Se Sulawesi Tengah III  2012 dengan konsep kegiatan  Karya Bakti Pramuka, Ketangkasan, Pengembangan Wawasan, Wisata Budaya. Go Green Clean and savety,  Kegiatan ini nantinya adalah untuk memberikan kesinambungan bagi anggota pramuka dalam mewujudkan satya dharma baktinya  dalam kehidupan keseharian generasi muda yang pada akhirnya mendukung program Pemerintah mensosialisasikan, kegiatan ini akan diselenggarakan dengan mengikutsertakan Pramuka Penggalang Penegak se sulawesi tengah dengan demikian, Gugusdepan STAIN Datokarama Palu meminta dukungan baik itu moril maupun materil dari berbagai pihak dalam mensukseskan kegiatan tersebut.
B.   Dasar
Landasan dasar dilaksanakanya kegiatan Kemah Temu Penggalang Penegak Se Sulawesi Tengah III 2012 adalah :
1.     Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka;
2.     Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 104 Tahun 2004 Tentang Anggaran Dasar Gerakan Pramuka;
3.     Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 086 Tahun 2005 Tentang Anggaran Rumah Tangga Geraka Pramuka;
4.     Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 080 Tahun 1998 Tentang Pola dan Mekanisme Pembinaan Pramuka Penegak dan Pandega;
5.     Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 086 Tahun 1987 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Pembinaan dan Pengembangan Gugus Depan yang berpangkalan di Perguruan Tinggi;
6.     Program Kerja Dewan Racana Pandega Karamatul Husna Pangkalan STAIN Datokarama Palu Gudep 02.3001-02.3002 Tahun 2012-2013
C.   Maksud dan Tujuan
1. Maksud
Maksud dilaksanakan Kegiatan Kemah Temu Penggalang Penegak            Se-Sulawesi III adalah :
a.     Sebagai Ajang silaturahmi antara Anggota Pramuka Penggalang Penegak mauapun masyarakat umum;
b.     Motivator untuk selalu berkreasi bagi peserta didik
c.      Aktualisasi Nilai-nilai Satya Pramuka.

2.     Tujuan
Memperkokoh persaudaraan, kepedulian dan keikhlasan dalam kehidupan bermasyarakat Berbangsa, dan Bernegara dan Agama melalui kegiatan pramuka peduli, karya bakti, gotong royong, Ketangkasan pengembangan wawasan serta memberi kepada mereka kegiatan kreatif, rekreatif, inovatif dan produktif yang mengarah kepada kemampuan untuk mandiri dalam kehidupanya dan dapat memberikan bantuan untuk kemajuan lingkungannya sesuai dengan kebutuhan serta perkembangan zaman.
A.   Nama Kegiatan
Kegiatan yang akan dilaksanakan adalah Kemah Temu Penggalang Penegak Se-Sulawesi Tengah III Tahun 2012.
B.   Bentuk Kegiatan
Kegiatan yang disajikan dalam kegiatan Kemah Temu Penggalang Penegak Se-Sulawesi Tengah adalah Bakti, pengembangan Wawasan, ketangkasan, Wisata Budaya dan kegiatan-kegiatan yang bersifat mendidik bagi peserta dalam pembelajaran kehidupan bermasyarakat.
C.   Tema Kegiatan
Kegiatan Kemah Temu Penggalang Penegak Se-Sulawesi Tengah III Tahun 2012 bertema “Wujudkan Kepedulian Gerakan Pramuka dalam Menjalin Persaudaraan  dan Pengabdian pada Masyarakat”.
D.   Motto Kegiatan
Kegiatan Kemah Temu Penggalang Penegak Se-Sulawesi Tengah III Tahun 2012 dilaksanakan dengan motto Berkarya Nyata, Terampil Bekerja, Bersama Wujudkan Pembangunan.
E.   Waktu dan Tempat
Kegiatan Kemah Temu Penggalang Penegak Se-Sulawesi Tengah III Tahun 2012 ini diselenggarakan pada tanggal 11 s.d 15 April 2012, bertempat di Lokasi Kampus II STAIN Datokarama Palu Desa Pombewe Kec Biromaru Kabupaten Sigi.

PESERTA

A.   Umum
Peserta kegiatan Kemah Temu Penggalang Penegak Se Sulawesi Tengah III Tahun 2012 merupakan Anggota Gerakan Pramuka Golongan Penggalang Penegak.

B.   Peserta
1.     Peserta
Peserta Kegiatan Kemah Temu Penggalang Penegak Se Sulawesi Tengah III Tahun 2012 diikuti oleh peserta dari Gugus Depan yang berpangkalan di Sekolah Menengah Pertama  (sederajat) dan Sekolah Menengah Atas Sederajat.
2.     Persyaratan
a.     Umum
1)    Aktif di Gugus Depan masing-masing;
2)    Sanggup mematuhi tata tertib yang telah ditentukan oleh panitia.

b.     Khusus
1)    Setiap peserta hendaknya mempunyai potensi yang bisa dikembangkan/ diberikan kepada masyarakat di lokasi kegiatan nantinya;
2)    membawa buku tentang agama atau pendidikan (1 buah/ orang).

c.      Administrasi
1)    Menyerahkan Surat Mandat dari Gugus Depan;
2)    Mengisi biodata Peserta;
3)    Menyerahkan pas foto (berseragam Pramuka) ukuran 3x4 sebanyak 5 lembar;
4)    Membayar Camp Fee sebesar 150.000/ Gugusdepan.


BAB V
KEGIATAN

A.   Umum
1.     Latar Belakang
Secara keseluruhan kegiatan yang dikembangkan dalam kegiatan Kemah Temu Penggalang Penegak Se Sulawesi Tengah III Tahun 2012 dititik beratkan kepada bidang-bidang pengembangan diri Anggota Pramuka terdiri atas mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial sebagai individu dan sebagai anggota masyarakat. Selain itu dalam kegiatan Kemah Temu Penggalang Penegak Se Sulawesi Tengah III Tahun 2012 kegiatan dilaksanakan dan dikemas dalam bentuk bakti sosial masyarakat yang merupakan pelaksanaan dan pengamalan butir kedua dari Satya Pramuka dan sekaligus pengamalan Tri Darma Perguruan Tinggi berupa pengabdian masyarakat.
2.     Bentuk dan Sistem Kegiatan
Untuk mencapai tujuan dan sasaran kegiatan Kemah Temu Penggalang Penegak Se Sulawesi Tengah III Tahun 2012, pelaksanaan kegiatan meliputi:
a.     Kegiatan umum, diikuti oleh seluruh peserta kegiatan Kemah Temu Penggalang Penegak Se Sulawesi Tengah III Tahun 2012 sesuai dengan rotasi yang telah ditetapkan selama kegiatan berlangsung;
b.     Kegiatan khusus, diikuti oleh ketua Dewan Ambalan Dewan Racana sesuai dengan jadwal.
Selama kegiatan Kemah Temu Penggalang Penegak Se Sulawesi Tengah III Tahun 2012 masing-masing peserta akan mendapatkan jenis kegiatan setiap harinya dalam pembagian kegiatan, yaitu:
a.     Kegiatan Umum dan Kegiatan Khusus;
b.     Kegiatan Bakti Fisik;
c.      Kegiatan Bakti Non Fisik;
d.     Kegiatan Wisata Budaya
e.      Kegiatan Pengembangan Wawasan
f.       Kegiatan Ketangkasan
g.     Kegiatan Curve/ Piket.
3.     Arah Kegiatan
Kegiatan Kemah Temu Penggalang Penegak Se Sulawesi Tengah III Tahun 2012 mengarah pada tujuan Gerakan Pramuka, melalui:
a.     Pembinaan mental dan spiritual;
b.     Kesamaptaan jasmani;
c.      Persaudaraan, kerukunan, ilmu pengetahuan dan teknologi;
d.     Peningkatan keterampilan;
e.      Aksi kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
4.     Sifat Kegiatan
Kegiatan Kemah Temu Penggalang Penegak Se Sulawesi Tengah III Tahun 2012 dalam pelaksanaannya bersifat:
a.     Religius;
b.     Edukatif;
c.      Produktif;
d.     Kreatif;
e.      Rekreatif;
f.       Inovatif.
B.   Jenis Kegiatan
Jenis-jenis kegiatan dalam kegiatan Kemah Temu Penggalang Penegak Se Sulawesi Tengah III Tahun 2012 menitik beratkan pada kegiatan-kegiatan yang dapat menunjukkan potensi yang dimiliki Sulawesi Tengah pada umumnya, dan Kabupaten Sigi pada khususnya.
Selain menitik beratkan kegiatan yang dapat menunjukkan potensi daerah. Diharapkan juga, setelah mengikuti kegiatan Kemah Temu Penggalang Penegak Se Sulawesi Tengah III Tahun 2012 para peserta mendapatkan wawasan, pengetahuan dan pengalaman baru serta meningkatnya rasa percaya diri untuk terus berkreasi.
Kegiatan dalam kegiatan Kemah Temu Penggalang Penegak Se Sulawesi Tengah III Tahun 2012 dibagi ke dalam 5 kelompok kegiatan, yaitu:
1.     Kegiatan Umum:
a.     Upacara Pembukaan;
b.     Upacara Adat Bhineka Tungggal Ika;
c.      Upacara Penutupan;
d.     Apel Pagi;
e.      Apel Sore;
f.       Ibadah.
2.     Kegiatan Bakti:
a.     Bakti Fisik:
1)    Perbaikan Sarana Ibadah (Masjid dan Mushola);
2)    Penanaman Pohon dan Apotek Hidup Areal Buper Paneki;
3)    Pengadaan Perpustakaan Masjid;
b.     Bakti Non Fisik:
1)    Pembagian Pakaian Layak Pakai;
2)    Tablig Akbar;
3)    Penyuluhan Go Green Clean and Savety;
4)    Penyuluhan Kesehatan Masyarakat.
3.     Kegiatan Pengembangan Wawasan:
a.     Temu Ketua Dewan Racana dan Ambalan;
b.     Sosialisasi Undang-undang Pramuka;
c.      Sosialisasi SKU Pramuka Penegak dan Pandega.
d.     Penyuluhan Narkoba dan
e.      Penyuluhan Lalin Polsek Biromaru  
f.       Pengenalan IT
g.     Pengembangan Wawasan Leadhership
4.     Kegiatan Penunjang:
a.     Lomba Keagamaan
-         Kaligrafi (penegak)
-         Tartil (Penegak)   
b.     Lomba Pentas Seni
-         Jepeng
-         Vocal Group
-         Puisi Tiga Bahasa
(inggris, kaili, indonesia)
-         Kabaret (penggalang / penegak)
-         Tarian Daerah (topeaju)
c.      Lomba Tekpram
-         Semaphore (penggalang)
-         Morse (penggalang)
-         Kolonel Tongkat  (penggalang/penegak)
-         Yel-yel Stand (penggalang)
-         PBT (penggalang/penegak)
-         Administrasi Gugusdepan (penggalang/penegak)
-         Penjelajahan (napak sila) (penegak)
-         PBB Umum (penggalang/penegak)
-         Camp Standar (peserta perkemahan)
-         Gapura Tongkat (penggalang)
-         Daur Ulang (penggalang/penegak)
-         Senam Pramuka (penegak/penggalang)
d.     Ajangsana
e.      Free Style Sponsorship
-         Honda
f.       Out Bond
5.     Kegiatan Wisata:
a.     Wisata Budaya (Vatunonju);
b.     Wisata Alam (Air Panas Bora);
c.      Wisata Religi:
1)    Makam Datokarama
2)    Makam Guru Tua


BAB VIII
PENUTUP

Demikian Petunjuk Pelaksanaan kegiatan KEMAH TEMU PENGGALANG PENEGAK PANDEGA III 2012 ini disusun sebagai pedoman dan pegangan bagi panitia penyelenggara serta peserta dalam persiapan dan pelaksanaan kegiatan KEMAH TEMU PENGGALANG PENEGAK PANDEGA III  2012.   
Keberhasilan dan kesuksesan kegiatan KEMAH TEMU PENGGALANG PENEGAK PANDEGA III  2012 adalah tanggung jawab bersama, oleh karena itu penyelenggaraan dan pelaksanaan perlu dikerjakan sebaik-baiknya sesuai maksud dan tujuannya, dengan rasa tanggung jawab kita bersama.

Palu, 23 November 2011
Sangga Kerja
Kemah Temu G/T Se Sulawesi Tengah III
Tahun 2012
Ketua Sangga Kerja
Sekertaris

Zet Muammar

Marsyuki
Ketua Penyelenggara
Pembina Gugusdepan

Abdul Wahab, S.Ag M.Pd.I

Drs. Azma N Mardjun, M.Pd

Mengetahui,
Rektor STAIN Datokarama Palu
Selaku Majelis Pembimbing Gugus Depan 02.3001-02.3002
Ketua,


Prof. DR. H. Zainal Abidin, M. Ag

1 komentar: